Pembelajaran di masa pandemi covid-19

                                            Gambar 1. saat siswa sedang mengikuti PJJ

Mengutip dari laman 
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/metode-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19-harus-sesuai-dengan-kondisi-daerah. Ada tiga kelompok besar dalam pembelajaran di sekolah. Kelompok pertama adalah anak-anak yang sudah terbiasa dengan pembelajaran online, karena sekolah sudah menerapkannya secara penuh. Anak-anak ini tidak akan merasa kesulitan menghadapi pembelajaran jarak jauh karena sering mengakses aplikasi pembelajaran. “Seperti misalnya, Rumah Belajar, Ruang Guru, Sekolahmu, dan lain-lain. Kelompok kedua adalah anak-anak dari sekolah yang melakukan pembelajaran semi daring. Di kelompok ini, pemberian tugas dari guru kepada siswa dikirim melalui Whatsapp, tidak berinteraksi secara langsung.  Sedangkan kelompok ketiga adalah anak-anak yang tidak bisa melakukan banyak hal karena keterbatasan infrastruktur dan daya dukung teknologi.  Guru dan sekolah dapat memilih materi esensial yang perlu dilakukan anak-anak di rumah. Misalnya, dengan memberikan anak-anak pendidikan kecakapan hidup sesuai kondisi rumah masing-masing. “Terutama tentang pengertian Covid-19, bagaimana karakteristiknya, serta bagaimana cara menghindarinya agar tidak terjangkit,  muatan pembelajaran yang harus diberikan di tengah situasi pandemi. Mengetahui masih terdapat daerah yang minim infrastruktur teknologi, jaringan internet dan listrik, bahwa proses pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan minat dan kondisi masing-masing anak di tiap daerah. Oleh karena itu, guru dan orangtua perlu rajin berkoordinasi dan jeli dalam mengadaptasi metode pembelajaranya. “Jangan disamaratakan untuk semua anak”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digitalisasi pendidikan di Indonesia

Menerapkan Model Pembelajaran "Belajar dari Rumah" menggunakan portal Rumah Belajar

Media Pembelajaran Berteknologi Digital.