Gambar 1. saat siswa sedang mengikuti PJJ
Mengutip dari laman https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/metode-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19-harus-sesuai-dengan-kondisi-daerah.
Ada tiga kelompok besar dalam pembelajaran di sekolah. Kelompok pertama adalah
anak-anak yang sudah terbiasa dengan pembelajaran online, karena
sekolah sudah menerapkannya secara penuh. Anak-anak ini tidak akan merasa
kesulitan menghadapi pembelajaran jarak jauh karena sering mengakses aplikasi
pembelajaran. “Seperti misalnya, Rumah Belajar, Ruang Guru, Sekolahmu, dan
lain-lain. Kelompok kedua adalah anak-anak dari sekolah yang melakukan
pembelajaran semi daring. Di kelompok ini, pemberian tugas dari guru kepada
siswa dikirim melalui Whatsapp, tidak berinteraksi secara langsung.
Sedangkan kelompok ketiga adalah anak-anak yang tidak bisa melakukan banyak hal
karena keterbatasan infrastruktur dan daya dukung teknologi. Guru dan
sekolah dapat memilih materi esensial yang perlu dilakukan anak-anak di rumah.
Misalnya, dengan memberikan anak-anak pendidikan kecakapan hidup sesuai
kondisi rumah masing-masing. “Terutama tentang pengertian Covid-19, bagaimana
karakteristiknya, serta bagaimana cara menghindarinya agar tidak terjangkit,
muatan pembelajaran yang harus diberikan di tengah situasi pandemi.
Mengetahui masih terdapat daerah yang minim infrastruktur teknologi, jaringan
internet dan listrik, bahwa proses pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan
minat dan kondisi masing-masing anak di tiap daerah. Oleh karena itu, guru dan
orangtua perlu rajin berkoordinasi dan jeli dalam mengadaptasi metode
pembelajaranya. “Jangan disamaratakan untuk semua anak”.
Komentar
Posting Komentar